ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 8 PALU DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

FEBRINA TANDONDO (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 8 PALU DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untu mendapatkan gambaran kesalahan yang dilakukan siswa kelas X IPA SMA Negeri 8 Palu dalam megerjakan soal matematika Sistem Persamaan Linear Tiga variabel (SPLTV) berdasarkan Prosedur Newman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa kelas X IPA SMA Negeri 8 Palu tahun ajaran 2022/2023. Pemilihan subjek penelitian dengan pertimbangan siswa yang paling banyak melakukan kesalahan dalam mengerjakan tes. Data yang dikumpulkan merupakan data hasil tes siswa yang diperoleh melalui instrument test yang kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan dijelaskan kedalam perincian-perincian deskriptif guna membantu menjelaskan kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan prosedur Newman. Hasil penelitian ini menunjukan tipe kesalahan yang dilakukan siswa kelas X IPA SMAN 8 Palu dalam mengerjakan soal matematika Sistem Persamaan Linear Tiga variabel (SPLTV) berdasarkan pada prosedur Newman terdiri dari kesalahan transformasi sebanyak 50%, kesalahan keterampilan proses sebanyak 75%, dan kesalahan pengkodean/penulisan jawaban akhir sebanyak 100%. Rata-rata kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal sebesar 45?ngan penulisan jawaban akhir merupakan kesalahan terbesar yang dilakukan siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya (1) siswa malas menuliskan hal yang diketahui atau ditanyakan dari soal. (2) siswa tidak mampu menentukan rumus yang harus digunakan dalam menyelesaikan soal yang ada. (3) siswa tidak paham dengan proses penyelesaian soal dan tidak teliti dalam melakukan perhitungan. (4) siswa salah dalam melakukan proses perhitungan serta lupa menuliskan hasil akhirnya.

Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Siswa, Prosedur Newman, SPLTV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103066
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item