ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA PADA KEGIATAN BELAJAR MELALUI APLIKASI DARING SMP NEGERI 6 PALU : KAJIAN PRAGMATIK

IRNAWATI (2023) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA PADA KEGIATAN BELAJAR MELALUI APLIKASI DARING SMP NEGERI 6 PALU : KAJIAN PRAGMATIK. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Irnawati. 2023. Analisis Kesantunan Berbahasa Siswa pada Kegiatan Belajar
melalui Apliksi Daring SMP Negeri 6 Palu: Kajian Pragmatik. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk dan fungsi
Kesantunan Berbahasa Siswa pada Kegiatan Belajar melalui Apliksi Daring SMP
Negeri 6 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi
Kesantunan Berbahasa Siswa pada Kegiatan Belajar Melalui Apliksi Daring SMP
Negeri 6 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat
deskriptif meliputi pengumpulan data, analisis data, reduksi data dan penyajian
data. Penelitian menemukan beberapa data kesantunan berbahasa siswa pada
kegiatan belajar melalui apliksi daring SMP Negeri 6 Palu yaitu (1) maksim
kebijaksanaan, (2) maksim kedermawanan, (3) maksim penghargaan, (4) maksim
kesederhanaan, (5) maksim pemufakatan, (6) maksim simpati, fungsi kesantunan
berbahasa meliputi (1) representatife, (2) direktif, (3) ekspresif, (4) komisif dan
(5) deklarasi.
Kata kunci: Kesantunan, berbahasa siswa, belajar melalui aplikasi daring

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103102
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item