Analisis Kesulitan Belajar Pkn Siswa Kelas V MIT Annur Buuts Pada Masa Pandemi

NUR ANISA (2022) Analisis Kesulitan Belajar Pkn Siswa Kelas V MIT Annur Buuts Pada Masa Pandemi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nur Anisa. 2021. Analisis Kesulitan Belajar PKn siswa Kelas V pada masa pandemi di MIT Annur Buuts. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah.

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas V MIT An nur Buuts mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran PKn. Kesulitan belajar merupakan suatu gejala yang nampak pada peserta didik yang ditandai dengan adanya hasil belajar yang rendah atau di bawah norma yang telah ditetapkan. Pembelajaran PKn merupakan sebuah mata pelajaran yang termuat dalam kurikulum dan wajib di pelajari pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga Perguruan Tinggi sebagai bekal hidup kepada seseorang di dalam hidup bernegara.. Masalah ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PKn dan faktor yang mempengaruhinya pada kelas V MIT Annur Buuts.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara guru, siswa, dan orang tua siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PKn dan faktor yang mempengaruhinya. Siswa menunjukkan sikap yang kurang wajar (Social). Pencapaian akademik siswa rendah (Academic). Siswa tidak memiliki minat belajar (tidak menyukai) pada pelajaran PKn. Kesulitan membuat pemahaman baru (Metacognition). Siswa lamban dalam memproses sesuatu (Processing speed). Siswa sulit menafsirkan apa yang dirasakan, didengar, dan dilihat (Perception). Siswa kurang perhatian dan kurang fokus dalam belajar (Attention). Terlalu banyak kegiatan yang kurang bermanfaat yang siswa lakukan sehingga sulit untuk mengingat materi pelajaran (Memory). Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhinya yaitu kurangnya perhatian dalam belajar (konsetrasi), kurangnya partisipasi dan respons siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar (reaksi), lambatnya siswa dalam memahami materi (pemahaman), dan nilai ulangan yang tidak tuntas (ulangan). Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhinya yaitu pengaruh teman di lingkungan masyarakat (lingkungan sosial masyarakat).

Kata Kunci : Kesulitan belajar siswa, Pembelajaran PKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103164
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item