Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Peluang Di Madrasah Aliyah Negeri Morowali Kelas XII IPA Tahun Ajaran 2021/2022

EMA SULASTRIANIGSIH (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Peluang Di Madrasah Aliyah Negeri Morowali Kelas XII IPA Tahun Ajaran 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak

Ema Sulistianingsi, 2022. "Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Peluang Di Madrasah Aliyah Negeri Morowali Kelas XII IPA Tahun Ajaran 2021/2022". Skripsi, Program Studi Pendidikan Metematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Pathuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa pada materi peluang kelas XII IPA Madrasah Aliyah Negeri Morowali Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Banyaknya subjek yang dipilih 6 orang siswa kelas XII IPA Madrasah Aliyah Negeri Morowali yang berkemampuan tinggi 2 orang siswa, berkemampuan sedang 2 orang siswa dan berkemampuan rendah 2 orang siswa. Pemilihan subjek ini berdasarkan diskusi peneliti bersama guru matematika mengenai siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah serta mampu berkomunikasi dengan baik. Data yang dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan kepada siswa dan wawancara yang dilakukan dengan siswa serta guru mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesulitan belajar yang dialami dalam menyelesaikan soal peluang yaitu: a) kesulitan konsep, terletak pada kesalahan siswa yang tidak memiliki pemahaman dasar mengenai materi peluang. Kesulitan ini tidak hanya dilakukan oleh siswa berkemampuan rendah saja, akan tetapi siswa berkemampuan sedang juga mengalaminya; b) kesulitan prinsip, terletak pada kesalahan dalam penggunaan rumus kombinasi, permutasi dan kesalahan dalam menjabarkan hasil faktorial;c) kesulitan keterampilan (Skill), kesulitan keterampilan dalam menyelesaikan soal peluang terletak pada kesalahan siswa dalam menghitung perkalian; d) faktor penyebab siswa Madrasah Aliyah Negeri Morowali Kelas XII IPA mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu: kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika khususnya pada materi peluang, kesehatan yang sering tergangu, tidak ada dampingan orang tua dan keluarga, daya ingat yang rendah dan kebiasaan yang tidak stabil.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Materi Peluang

Abstract

Ema Sulistianingsi, 2022. "Analysis of Student Learning Difficulties on Opportunity Materials at Madrasah Aliyah Negeri Morowali Class XII IPA Academic Year 2021/2022". Skripsi, Mathematics Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Pathuddin's Advisor.

This study aims to describe students' difficulties in material opportunities for class XII IPA at Madrasah Aliyah Negeri Morowali Academic Year 2021/2022. This research is a qualitative descriptive study. Research subjects were selected by purposive sampling. The number of subjects selected was 6 students of class XII IPA Madrasah Aliyah Negeri Morowali who had high ability 2 students, 2 students who had moderate ability and 2 students who had low ability. The selection of this subject was based on the researcher's discussion with the mathematics teacher regarding students who had high, medium and low mathematical abilities and were able to communicate well. Data were collected through written tests given to students and interviews conducted with students and mathematics teachers. Based on the results of the study, it was found that the learning difficulties experienced in solving opportunity questions were: a) conceptual difficulty, which lies in the mistakes of students who do not have a basic understanding of opportunity material. This difficulty is not only experienced by students with low abilities, but students with moderate abilities also experience it; b) principle difficulty, lies in errors in the use of combination formulas, permutations and errors in describing factorial results; c) skill difficulties, skill difficulties in solving opportunity questions lie in student errors in calculating multiplication; d) the factors causing students of Morowali State Islamic Senior High School Class XII IPA to experience difficulties in solving problems, namely: lack of student interest in learning mathematics, especially in material opportunities, health that is often disturbed, there is no assistance from parents and family, low memory and bad habits unstable.

Keywords: Learning Difficulty, Mathematics, Opportunity Material

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103169
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item