RAHMADI (2020) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PASANGKAYU DAN SMA NEGERI 2 PASANGKAYU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Rahmadi, 2020. Analisis kompetensi pedagogik guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Pasangkayu dan SMA Negeri 2 Pasangkayu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nurvita
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru-guru geografi dalam perancangan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran geografi. Masalah dalam penelitian ini bagaimana kompetensi pedagogik guru geografi dalam perancangan pelaksanaan pembelajaran geografi, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Pasangkayu dan SMA Negeri 2 Pasangkayu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan metode penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru geografi di SMA Negeri 1 Pasangkayu dan satu orang guru geografi di SMA Negeri 2 Pasangkayu. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini berpedoman pada teknik analisis data versi Humberman dan Miles terdiri dari reduksi data “data reductionâ€, penyajian data “data display†penarikan kesimpulan “conlusion drwing†atau verifikasi “verificationâ€. Hasil penelitian ini adalah (1) Kompetensi pedagogik guru georafi dalam perancangan pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Pasangkayu berada pada ketegori baik untuk informan I dan inrofman II dengan nilai rata-rata 3,61 dan 3,5 dan di SMA Negeri 2 Pasangkayu berada pada ketegori baik untuk informan III dengan nilai rata-rata 3,5. (2) Kompetensi pedagogik guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Pasangkayu menunjukan bahwa guru mampu mengajarkan pelajaran geografi dengan menggunakan metode yang menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat diserap siswa dengan baik dengan nilai rata-rata 3,59 untuk informan I dan 3,45 untuk informan II, dan di SMA Negeri 2 Pasangkayu berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata yaitu 3,45 untuk informan III. (3) Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru geografi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Pasangkayu dan SMA Negeri 2 Pasangkayu adalah baik, dengan nilai rata-rata 3,62 untuk informan I, 3,12 untuk informan II dan 3,5 untuk informan III.
Kata kunci: Perangkat pembelajaran dan Pembelajaran Berbasis Masalah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103495 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |