ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 9 SINDUE TOMBUSABORA PADA MASA PENDEMI COVID-19

VADIL MUHAMAD (2022) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 9 SINDUE TOMBUSABORA PADA MASA PENDEMI COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Vadil Muhamad. 2022. Analisis Kimpetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran
Tematik di Kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora Pada Masa Pendemi COVID-19.
Skripsi Program Studi Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembibing; Rizal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kopetensi profesional
guru dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN 9 sindue tombusabora pada masa
pendemi COVID-19 penelitian ini dilakukan pada bulan maret 2022 di SDN 9 Sindue
Tombusabora Pada guru kelas IV. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif
dan jenis penelitian adalah fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil
observasi, wawancara dan dokumentasi bersama guru kelas IV SDN 9 sindue
tombusabora. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru kelas IV SDN 9 Sindue
Tombusabora Menguasai materi, struktur, dan konsep keilmuan yang mendukung
pembelajaran pada masa pendemi COVID-19, menguasai kompetensi inti dan
kompetensi dasar pembelajaran, mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan memanfaatkan teknologin
informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri pada masa pendemi COVID19. Namun, guru kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora masih kuran dalam
mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif dikerenakan terhambat oleh
sarana dan prasarana akibat adanya pendemi COVID-19. Dalam pembelajaran
tematik, guru kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora melakukan pembelajaran yang
Berpusat pada Siswa, memberikan pengalaman langsung kerena siswa belajar dari
rumah masing-masing yang didampingi oleh orang tua, pemisahan mata pelajaran
samar dan bersifat fleksibel. Pembeajaran yang dilakukan tidak dapat mengunakan
prinsip belajar sambil bermain dan prinsip pembelajaran yang menyenangkan kerena
siswa hanya melakukan pembelajara sendiri dirumah dan guru kelas IV SDN 9
Sindue Tombusabora tidak melakukan pengembangan materi untuk menjadikan
pembelajaran yang menyenangkan serta sambil bermain. Sebagai seorang guru harus
dapat menguasai aspek-aspek yang ada dalam kompetensi guru tersebut dalam
kondisi pembelajaran secara tatap muka maupun pembelajaran secara jarak jauh.
Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru terus meningkatkan professionalitas
seorang guru baik secara daring maupun luring.
Kata Kunci : Analisis, kompetensi profesioanal guru, pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103498
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item