ANALISIS MISKONSEPSI GERAK MELINGKAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 PALU

ASMIRAWATI H. DAUD (2020) ANALISIS MISKONSEPSI GERAK MELINGKAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Asmirawati H Daud. 2018. Analisis Miskonsepsi Gerak Melingkar Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Supriyatman, Pembimbing (II) H. Amiruddin Hatibe.

Kata Kunci : Miskonsepsi, Tree Tier Diagnostic Test, Gerak Melingkar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dan deskripsi miskonsepsi siswa terhadap materi gerak melingkar. Responden penelitian ini terdiri dari 19 orang siswa kelas XII SMA Negeri 5 Palu. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda beralasan yang disertai dengan kolom tingkat keyakinan dalam menjawab soal (Tree-Tier Diagnostic Test) berjumlah 17 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif dengan merujuk pada alasan dan tingkat keyakinan serta wawancara siswa dalam menjawab soal tentang konsep gerak melingkar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi siswa dengan menggunakan Tree Tier Diagnostic Test masih tergolong rendah dengan rata-rata persentase sebesar 34.05% bila dibandingkan dengan jumlah rata-rata siswa yang tidak paham konsep dengan rata-rata persentase sebesar 47,67%. Secara umum miskonsepsi yang dialami siswa pada materi gerak melingkar bersifat variatif untuk setiap konsep yg diujikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103794
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item