MOH. RIFKI GUNAWAN (2022) ANALISIS MISKONSEPSI MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PADA SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST DI SMPN 2 TOJO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Moh. Rifki Gunawan, (2022). Analisis Miskonsepsi Materi Getaran dan Gelombang Pada Siswa Menggunakan Teknik Four Tier Diagnostic Test di SMPN 2 Tojo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Amiruddin Hatibe. M.Si.
Kata kunci : miskonsepsi, getaran gelombang, Four Tier Diagnostik Test
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah miskonsepsi pada materi getaran dan gelombang di SMPN 2 Tojo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Mixed method. Subjek penelitian ini sebanyak 12 siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Tojo. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Four Tier Diagnostic Test dengan bentuk soal pilihan ganda beralasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi pada siswa SMP Negeri 2 Tojo adalah sebesar 59,99?ngan kriteria tingkat miskonsepsi sedang. Persentase miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep hubungan getaran dan gelombang secara menyeluruh, khususnya indikator menganalisis besaran yang dapat mempengaruhi periode getaran dan membedakan antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Kemudian miskonsepsi terendah terjadi pada soal yang membahas tentang pengidentifikasian gelombang longitudinal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103797 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |