SUKMAWATI (2024) Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Berbantuan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Materi Gerak Dan Gaya Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tanantovea. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Sukmawati : A 241 20 021. “Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Berbantuan
Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Gerak dan Gaya di SMP Negeri 4
Tanantovea. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Matematika dan
Ilmu Pengatahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. 2024. Pembimbing : Muh. Syarif S,Abd Syukur S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi peserta
didik dan mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi peserta didik pada konsep
materi gerak dan gaya dengan menggunakan tes diagnostik berbantuan Certainty
of Response Index (CRI). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tanantovea
pada bulan Maret 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dan responden dari penelitian ini
yaitu sebanyak 18 orang peserta didik kelas VII Tahun Ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik soal pilihana ganda
beralasan dan wawancara terbuka kepada guru dan peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebesar 36,75 % dikategorikan paham konsep, sebesar 20,51 % dikategorikan mengalami miskonsepsi, dan sebesar
39,74 % dikategorikan tidak paham konsep. Hasil ini menunjukkan bahwa analisis
miskonsepsi peserta didik di SMP Negeri 4 Tanantovea pada materi gerak dan
gaya masih tergolong rendah.
Kata kunci : Miskonsepsi, Certainty of response index
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103800 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |