ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST

NURFITRA MALIADA (2023) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana miskonsepsi yang dialami peserta didik pada mata pelajaran fisika pada materi usaha dan energi di kelas VIII SMP Negeri 1 Banggai Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banggai Salatan sebanyak 20 siswa dan dipilih 6 responden dengan kategori tinggi, sedang dan rendah dengan menggunakan instrument tes diagnostic berformat three tier. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata miskonsepsi pada materi usaha dan energi pada peserta didik kelas VIII adalah digolongkan dalam kategori tinggi karena jumlah persentase yang diperoleh > 61% yaitu sebesar 71 % sehingga Sebagian besar peserta didik mengalami miskonsepsi. Penyebab miskonsepsi yang dialami peserta didik yaitu diantaranya dari peserta didik itu sendiri karena kurangnnya kemampuan peserta didik dalam memahami materi, penyebab lainnya yaitu dari pengajar dan kurangnya minat serta antusia belajar peserta didik untuk mengikuti pembelajaran fisika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103801
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item