ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DONDO PADA TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST

REVINA FIRDAUS (2025) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DONDO PADA TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Revina Firdaus 2024, Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1
Dondo Pada Teks Biografi Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test, Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi pada Teks Biografi
menggunakan Three-tier Diagnostic Test di SMA Negeri 1 Dondo. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada
penelitian ini berjumlah 27 siswa dari kelas X E6. Instrumen penelitian adalah
soal pilihan ganda bertingkat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
memberikan tes dan wawancara. Responden pada penelitian ini diambil
berdasarkan kategori miskonsepsi pada setiap butir soal sebanyak 10 nomor
dimana setiap nomor berjumlah 1 orang respoden sehingga total responden pada
penelitian ini berjumlah 10 orang. Hasil analisis miskonsepsi menunjukkan pada
soal nomor satu siswa yang tidak dapat menjelaskan pengertian teks biografi yang
disebabkan oleh miskonsepsi sebesar 19% yang termasuk dalam kategori rendah,
pada soal nomor dua siswa yang tidak dapat mejelaskan tujuan teks biografi
karena miskonsepsi sebesar 7% yang termasuk kategori rendah, pada soal nomor
tiga siswa yang tidak dapat menjelaskan ciri ciri teks biografi karena miskonsepsi
sebesar 63% yang termasuk dalam kategori tinggi, pada soal nomor empat siswa
yang tidak dapat menjelaskan manfaat teks biografi karena miskonsepsi sebesar
81% yang termasuk dalam kategori tinggi, pada soal nomor lima siswa yang tidak
dapat menjelaskan perbedaan teks biografi dan autobiografi karena miskonsepsi
sebesar 56% yang termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor enam siswa
yang tidak dapat menjelaskan pengertian kronologi dalam teks biografi karena
miskonsepsi sebesar 37% yang termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor
tujuh siswa yang tidak dapat menjelaskan nilai factual dalam teks biografi karena
miskonsepsi sebesar 33% yang termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor
delapan siswa yang tidak dapat menjelaskan isi cerita pada teks biografi karena
miskonsepsi sebesar 52% yang termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor
Sembilan siswa yang tidak dapat menentukan karakter utama dalam teks biografi
karena miskonsepsi sebesar 59% yang termasuk dalam kategori tinggi dan pada
soal nomor sepuluh siswa yang tidak dapat menjelaskan orientasi dalam teks
biografi karena miskonsepsi sebesar 67% yang termasuk dalam kategori tinggi.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa telah terjadi miskonsepsi pada teks
Biografi dikelas X E6 SMA Negeri 1 Dondo
Kata kunci : Miskonsepsi, Teks Biografi, Tes Diagnostic, Three-tier
Diagnostic Test

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103809
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item