Analisis Miskonsepsi SMPN Model Terpadu Madani Palu Pada Materi Tekanan Menggunakan Three-Tier Test

MUTMAINNA (2020) Analisis Miskonsepsi SMPN Model Terpadu Madani Palu Pada Materi Tekanan Menggunakan Three-Tier Test. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Mutmainna, 2019. Analisis Miskonsepsi Siswa SMPN Model Terpadu Madani Palu Pada Materi Tekanan Menggunakan Three Tier Test. Skripsi. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) I Wayan Darmadi.

Kata Kunci : miskonsepsi, three –tier test, tekanan, fisika, penelitian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi dan profil miskonsepsi siswa terhadap materi tekanan. Responden penelitian ini terdiri dari 29 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda beralasan disertai tingkat keyakinan dalam menjawab soal (three-tier test) berjumlah 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif dengan merujuk alasan jawaban soal tentang konsep tekanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat miskonsepsi siswa dengan menggunakan (three-tier test) tergolong sedang dengan rata-rata persentase sebesar 47% bila dibandingkan dengan jumlah rata-rata siswa yang tidak paham konsep yang mencapai 32?n paham konsep mencapai 21%. Secara umum profil miskonsepsi yang banyak dialami siswa pada materi tekanan berada pada indikator membedakan konsep mengapung dan melayang serta penerapan konsep tekanan pada zat cair dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat variatif untuk setiap konsep yang disajikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103817
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item