ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 4 PALU

TISA JULIANDA (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 4 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Tisa Julianda STB. A311 14 097. Analisis Model Pembelajaran Discovery
Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Dalam Meningkatkan Keterampilan
Berfikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Palu. Skripsi Program Studi
Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Suyuti.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi model
pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis
Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Palu pada mata pelajaran sejarah. (2) Apa
saja peluang dan tantangan model pembelajaran discovery learning dalam
meningkatkan keterampilan berfikir kritis Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4
Palu pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
penerapan, serta peluang dan tantangan model pembelajaran discovery learning
pada mata pelajaran sejarah dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis
Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan: observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan dalam ini penelitian adalah teknik deskriptif dengan
persentase. Berdasarkan hasil perhitungan keseluruhan tanggapan responden
menandakan bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki hubungan
yang baik dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis Siswa Kelas XI IPS 2
SMA Negeri 4 Palu. Kemudian dari hasil penelitian diperoleh juga beberapa
peluang dan tantangan yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran di kelas,
dilihat dari segi peluangnya yaitu: 1) Berpusat pada peserta didik sehingga aktif
mengeluarkan pendapat, 2) Meningkatkan kemampuan berfikir siswa, 3)
Menimbulkan rasa ceria pada siswa, serta mudah dalam pelaksanaan maupun
tindak lanjutnya. Sedangkan dari segi tantangan yaitu: 1) Membutuhkan banyak
waktu, guru diharuskan merubah kebiasan dalam kegiatan mengajar yang seharihari
bertindak sebagai fasilitator atau pemberi informasi, 2) Tidak semua peserta
didik mampu untuk melakukan penemuan, 3) Tidak berlaku untuk semua topik, 4)
Masih terbiasa menggunakan pola pembelajaran yang lama.
Kata Kunci: Discovery Learning, Meningkatkan Keterampilan Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103830
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item