Analisis Model Sistem Antrian Dan Optimalisasi Pelayanan Administrasi Pada BAKP Universitas Tadulako

PRADINA (2024) Analisis Model Sistem Antrian Dan Optimalisasi Pelayanan Administrasi Pada BAKP Universitas Tadulako. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok dengan tingkat kepuasan tertentu, yang hanya dapat dirasakan oleh yang melayani atau yang dilayani. Pelayanan publik yang masih memerlukan perhatian adalah antrian. Antrian dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah pengunjung dengan jumlah server (tenaga pelayanan). Fenomena antrian ini juga terjadi di Universitas Tadulako pada Biro akademik, kemahasiswaan, dan perencanaan (BAKP). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah layanan multi channel single phase (M/M/S) dengan jumlah server yang banyak dan satu tahap pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan pola kedatangan berdistribusi poisson dan pola pelayanan berdistribusi eksponensial dilihat dari nilai Asymp.Sig (2-tailed) sama atau lebih dari 0,05. Kinerja sistem antrian BAKP Universitas Tadulako dapat dikatakan efektif dengan kondisi steady state yang setiap tahapan kurang dari 1 dan rata-rata tingkat kesibukannya pada hari Senin sampai dengan Jumat masing-masing sebesar 0,58 atau 58%, 0,56 atau 56%, 0,568 atau 56,8%, 0,608 atau 60,8?n 0,595 atau 59,5%. Sehingga tidak perlu dilakukan penambahan server.

Kata kunci : Antrian, BAKP, Model, Pelayanan, Steady State.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA > Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103834
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item