ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MENGGUNAKAN FOUR TIER TEST PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMAN 7 PALU

MOH.MUHTAR (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MENGGUNAKAN FOUR TIER TEST PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMAN 7 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa
kelas XI IPA 5 SMAN 7 Palu pada materi suhu dan kalor menggunakan tes
diagnosis Four tier test. Jenis penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif
menggunakan pendekatan mix metod dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPA
5 di ambil dari populalsi siswa kelas XI IPA SMAN 7 Palu dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 5 yang terdiri
dari 27 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara.
Tes yang digunakan adalah tes diagnosis four tier test yang meliputi indikator
mengartikan, memberikan contoh, mengklasifikasikan, menggeneralisasikan,
menginferensi, membandingkan, dan menjelaskan. Kemudian dilakukan
wawancara mendalam terkait dengan pemahaman konsep siswa dan faktor yang
mempengaruhi. Berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa persentase
pemahaman konsep siswa kelas IPA 5 SMAN 7 Palu pada materi suhu dan kalor
yaitu pada kriteria paham konsep sebesar 14%, kriteria tidak paham konsep
sebesar 12%, dan kriteria miskonsepsi sebesar 74%. Dari hasil yang diperoleh
dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika kelas XI IPA 5 SMAN 7 Palu
masih dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104030
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item