APRILIA (2022) Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Siswa Kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Bungku Utara. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Aprilia, 2021. Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Siswa Kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Bungku Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Amiruddin Hatibe, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep gelombang siswa kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Bungku Utara. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bungku Utara pada siswa kelas XII-IPA yang terdiri dari 20 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya berdasarkan fakta-fakta yang ada, sehinggga dalam penelitian ini digunakan pendekatan “Deskriptif Kualitatifâ€. Instrumen pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes essai dan wawancara. Responden dipilih berdasarkan tingkat kemampuan siswa yang terbagi kategori tinggi, sedang, dan rendah. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep gelombang siswa sebesar 46,5 %, masih tergolong sedang. Siswa paling dominan paham pada saat menjelaskan perbedaan gelombang longitudinal, gelombang transversal dan menghubungkan periode getaran dan panjang tali. Siswa tidak paham ketika menjelaskan konsep gelombang dan menjelaskan pemantulan gelombang. Siswa paling banyak miskonsepsi ketika menghubungkan konsep getaran dan gelombang serta menjelaskan karakteristik bunyi.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Gelombang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104032 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |