BESSE NUR ANISA (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP NEGERI 2 TORIBULU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Besse Nur Anisa, 2024. “Analisis Pemahaman Konsep Segi Empat Siswa Kelas
VIII SMP Negeri Satu Atap Negeri 2 Toribulu Ditinjau Dari Kemampuan
Matematikaâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing Alfisyahra.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai Analisis
Pemahaman Konsep Segi Empat Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Negeri
2 Toribulu yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah
dalam menyelesaikan masalah segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang siswa yang diambil dari 11
siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Negeri 2 Toribulu pada semester ganjil
2023/2024. Subjek dipilih berdasarkan nilai hasil tes tertulis dan rekomendasi guru
mata pelajaran. Data diperoleh dari hasil tes tertulis dan wawancara terhadap subjek
penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan
matematika tinggi dapat memenuhi 4 indikator yakni menyatakan ulang konsep
yang telah dipelajari dengan menuliskan persamaan dan perbedaanya menggunakan
bahasa sendiri, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh dengan menyebutkan
contoh yang benar dan contoh yang salah, mengklasifikasi objek-objek menurut
sifat-sifatnya dengan menjelaskan sifat-sifat dari belah ketupat, mengaplikasikan
konsep atau algoritma pemecahan masalah dengan memahami maksud soal dan
mampu menggunakan suatu konsep luas persegi panjang untuk memecahkan
masalah pada soal tersebut dan menjelaskan langkah penyelesaian soal berdasarkan
prosedur yang telah diajarkan. Subjek berkemampuan matematika sedang dapat
memenuhi 3 indikator yakni menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dengan
menyatakan ulang konsep dengan menuliskan persamaan dan perbedaanya
menggunakan bahasa sendiri, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh dengan
menyebutkan contoh yang benar dan contoh yang salah, dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma pemecahan masalah dengan memahami maksud soal dan
mampu menggunakan suatu konsep luas persegi panjang untuk memecahkan
masalah dan menjelaskan langkah penyelesaian soal berdasarkan prosedur yang
telah diajarkan. Subjek berkemampuan matematika rendah hanya memenuhi 1
indikator yakni mengidentifikasi contoh dan bukan contoh subjek menyebutkan
contoh yang benar dan contoh yang salah.
Kata kunci: Analisis, Pemahaman Konsep, Segi empat, Kemampuan Matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104045 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |