ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PHET SIMULATION)

FADHEL TIAWAN (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PHET SIMULATION). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika pada materi gerak lurus melalui penerapan laboratorium virtual. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Palu pada 25 orang siswa kelas X IPA 5. Pada penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa tes pemahaman konsep dan wawancara. Peneliti menentukan 2 responden pada tiap kategori tinggi,sedang,dan rendah. Tiap kategori ditentukan berdasarkan nilai standar deviasi pada hasil olah nilai tes pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa penggunaan media laboratorium virtual dalam pembelajaran fisika memberikan dampak positif bagi proses belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes akhir yang menunjukkan nilai tes siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 65,2. Sehingga dapat disumpulkan bahwa, pemahaman konsep siswa setelah melakukan pembelajaran berbasis media laboratorium virtual mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata berada pada kategori sedang. Siswa yang berada pada kategori tinggi dan sedang sudah memahami konsep pada materi gerak lurus dengan baik, seperti konsep percepatan, Hukum I Newton, Hukum II Newton, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Sedangkan Siswa pada kategori rendah belum memahami konsep yang ada pada materi gerak lurus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104048
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item