Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI MAN 1 Pasangkayu Menggunakan Metode The Five Tier Test Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke

DEWI HERLINA (2023) Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI MAN 1 Pasangkayu Menggunakan Metode The Five Tier Test Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Herlina, 2023, Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI MAN 1 Pasangkayu Menggunakan Metode The Five Tier Test Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Jarnawi, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Elastisitas dan Hukum Hooke, Five Tier Test
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke dengan menggunakan metode tes diagnostik five tier. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Pasangkayu pada semester ganjil Tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Sains di MAN 1 Pasangkayu yang telah mempelajari materi elastisitas dan hukum hooke dengan jumlah sampel sebanyak 17 siswa. Instrumen pengumpelan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang disetai dengan metode the five tier test yang berjumlah 15 butir soal. Data penelitian ini diolah berdasarkan kombinasi jawaban siswa pada tes diagnostik five tier. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa pada kategori paham konsep dengan persentase nilai 31,76%, pada kategori tidak paham konsep dengan persentase nilai sebesar 7,00%, sedangkan pada kategori miskonsepsi memperoleh persentase nilai sebesar 61,14%. Hal ini disebabkan oleh minat dan motivasi siswa dalam mempelajari fisika masih sangat kurang karena mereka menganggap fisika sangat susah, selain itu kurangnya bimbingan khusus dari tenaga pengajar yang dapat membantu siswa dalam memperbaiki pengetahuan awal konsep yang benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104050
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item