ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GAYA GERAK LISTRIK

ANJAS ASMARA (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GAYA GERAK LISTRIK. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anjas Asmara dan Jusman Mansyur lasuru97@gmail.com
Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Universitas Tadulako Jl. Soekarno Hatta KM. 9 Kampus Bumi Tadulako Tondo Palu-Sulawesi Tengah

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualtatif. Artinya penelitian ini hanya menganalisis pemahaman konsep siswa melalui tes essay tentang materi gaya gerak listrik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi Gaya Gerak Listrik (GGL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI disalah satu SMA di kota Palu. Perangkat instrumen yang digunakan terdiri dari 25 nomor soal pilihan ganda dengan materi gaya gerak listrik sebagai tes awal untuk menyeleksi responden. Dari hasil tes seleksi responden dipilih 6 orang responden yang masuk dalam kategori nilai tinggi, sedang dan rendah. Kemudian responden yang terpilih diberikan tes kembali yakni tes pemahaman konsep (tes essay). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada keempat kategori pemahaman konsep, tingkat pemahaman konsep yang dimiliki oleh setiap responden memperoleh hasil yang berbeda-beda. Adapun rata-rata persentase pemahaman konsep pada kategori membandingkan 79,17?n mencontohkan 66,67% memiliki pemahaman konsep baik. Selanjutnya untuk kategori menjelaskan 37,50%, memiliki pemahaman konsep cukup baik. Dan untuk kategori mengklarifikasi 29,17% memiliki pemahaman konsep kurang.

Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Gaya Gerak Listrik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104053
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item