NILUH SRIANI (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI SMP KRISTEN GPID SUMBERSARI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Niluh Sriani, 2024. “Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Persamaan
Kuadrat di SMP Kristen GPID Sumbersari Ditinjau dari Gaya Kognitif Field
Independentâ€. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Tegoeh S. Karniman.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan
pendekatan kualitatif bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa
pada materi persamaan kuadrat di SMP Kristen GPID Sumbersari ditinjau dari
gaya kognitif field independent. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 siswa
bergaya kognitif field independent. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes
GEFT, tes soal pemahaman konsep, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan: pemahaman ketiga subjek bergaya kognitif field independent
belum mampu menyatakan konsep persamaan kuadrat dengan benar. Dalam
memberikan contoh dan bukan contoh persamaan, subjek 1 belum mampu
memberikan contoh dan bukan contoh dengan benar sedangkan subjek 2 dan
subjek 3 mampu memberikan contoh dan bukan contoh persamaan kuadrat
dengan baik. Subjek 1 dan subjek 3 belum mampu menyajikan persamaan ke
dalam bentuk representasi matematika dengan benar, sedangkan subjek 2 mampu
menyajikan persamaan kuadrat ke dalam bentuk representasi matematika dengan
baik. Dalam menggunakan prosedur atau operasi, subjek 2 mampu menggunakan
prosedur dengan baik sedangan subjek 1 dan 3 belum mampu menggunakan
prosedur dengan benar. Dalam mengaitkan konsep ketiga subjek masih belum
mampu mengaitkan konsep dengan baik. Dalam hal ini siswa bergaya kognitif
field independent tidak memenuhi seluruh indikator pemahaman konsep sehingga
pemahaman siswa dalam memahami konsep persamaan kuadrat masih rendah.
Kata kunci: analisis, pemahaman konsep, field independent, persamaan kuadrat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104054 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |