ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA YANG DIUKUR MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA BERALASAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 7 PALU

ALWIA SAMADURI (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA YANG DIUKUR MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA BERALASAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 7 PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Alwia Samaduri. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Yang Diukur Menggunakan Tes Pilihan Ganda Beralasan Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 7 Palu. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) I Nengah Kundera, (2) Mohammad Jamhari.

Telah dilakukan penelitian mengenai analisis pemahaman konsep siswa yang diukur menggunakan tes pilihan ganda beralasan pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 7 Palu yang diukur menggunakan tes pilihan ganda beralasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X dan XI yang berjumlah 247 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pemahaman konsep siswa kelas X terhadap pokok bahasan plantae menunjukkan sebanyak 40% siswa yang memahami konsep, 42,92% siswa yang mengalami miskonsepsi dan 17,08% siswa yang tidak memahami konsep. Sedangkan untuk hasil analisis pemahaman konsep siswa kelas XI terhadap pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia diperoleh data yaitu sebanyak 36,24% siswa memahami konsep, 43,25%siswa yang mengalami miskonsepsi dan 20,51% siswa tidak memahami konsep.

Kata Kunci: Analisis, Pemahaman Konsep, Pilihan Ganda Beralasan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Doktoral Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104057
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item