FITRI HANDAYANI (2023) Analisis Pemahaman Siswa Tentang Hukum III Newton Dalam Format Representasi Visual Dan Verbal. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Fitri Handayani, 2023. “Analisis Pemahaman Siswa Tentang Hukum III Newton
Dalam Format Representasi Visual dan Verbal.†Skripsi. Program Studi
Pendidikan Fisika Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Prof. Dr.
Jusman Mansyur, M.Si.
Penelitian ini mendeskripsikan secara kualitatif pemahaman konsep tentang
Hukum III Newton dalam format representasi visual dan verbal pada Siswa SMA
Negeri 5 Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian terdiri dari 6 orang siswa SMA
Negeri 5 Palu. Pengumpulan data menggunakan think aloud, tes esai, dan
wawancara. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pemahaman
konsep siswa SMA Negeri 5 palu dalam kategori rendah. Siswa tidak mampu
menggambarkan gaya yang bekerja pada suatu benda, tidak mampu memahami
hubungan hukum III Newton tentang gerak suatu benda, dan tidak mampu
menganalisis hukum III Newton yang berkaitan dengan dorongan. Tetapi, hampir
semua siswa mampu menganalisis hukum III Newton yang berkaitan dengan gaya
gravitasi dan mampu menentukan gaya aksi-reaksi yang terjadi pada sebuah lift.
Berdasarkan representasi visual dan verbal dapat dilihat bahwa responden lebih
mampu merepresentasikan jawabannya dalam bentuk representasi verbal daripada
representasi visual.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Represenatsi, Hukum Newton.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104064 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |