Analisis Pemasaran Beras Semi Organik Di Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong

SRI BUDI NINGSIH (2024) Analisis Pemasaran Beras Semi Organik Di Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecamatan Mepanga merupakan salah satu kecamatan yang mengusahakan padi sawah semi organik. Permasalahan yang terjadi di Kecamatan Mepanga adalah terdapat beberapa petani yang belum memiliki wilayah pemasaran yang jelas dalam memasarkan hasil panen padi sawah semi organiknya.Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran beras di Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Responden yang dijadikan sampel terdiri dari produsen beras semi organik, pedagang pengumpul, koperasi produsen, pedagang pengecer dan konsumen. Pengambilan sampel produsen beras dilakukan dengan metode sensus dimana jika sampel dibawah 100 maka seluruh sampel akan menjadi responden yaitu sebanyak 10 orang petani yang mengusahakan padi sawah semi organik kemudian pengambilan sampel pedagang, pengecer dan konsumen dilakukan dengan metode penjajakan (Tracing Sampling Methode) sehingga diproleh pedagang pengumpul sebanyak 1 orang, koperasi 1 orang, pedagang pengecer 1 orang, dan konsumen 2 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran yang ada di Kecamatan Mepanga. Total margin pemasaran beras pada saluran pertama sebesar Rp.1.000,, saluran kedua sebesar Rp.2.000, saluran ketiga sebesar Rp. 5.000. Besarnya bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama yaitu sebesar 92,30%, saluran kedua yaitu sebesar 86,67%, saluran ketiga yaitu sebesar 75%. Nilai efesiensi pemasaran Saluran pertama sebesar 3,71%, saluran kedua 6,00%, saluran ketiga 3,68%. Seluruh saluran pemasaran beras semi organik efisien hal ini dikarenakan farmer’s share di tiap saluran pemasaran lebih dari 50?n nilai efisiensi di tiap saluran pemasaran berada di 0-33%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104101
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item