ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI DESA MELI KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA

NURUL ARINI (2020) ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI DESA MELI KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

NURUL ARINI ( C 101 13 116 ) Analisis Pemasaran Kopra di Desa Meli Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Yang dibimbing oleh Pembimbing Utama Bapak Anhulaila dan Pembimbing Pendamping Bapak H. Armin Muis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran kopra yang ada di Desa Meli (2) margin antara lembaga pemasaran (3) efisiensi dari pemasaran kopra yang ada di Desa Meli. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik penarikan sampel adalah metode sampling jenuh atau sensus, dimana semua populasi digunakan sebagai responden yaitu sebanyak 34 responden petani, 3 pedagang pengumpul dan 1 pedagang besar. Jumlah keseluruhan responden sebanyak 38 orang. Analisis yang digunakan meliputi saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran yang ada di Desa Meli yaitu pola pemasaran I: petani menjual hasil komoditi kopranya kepada pedagang pengumpul kemudian menjual hasil pengumpulan komoditi kopra kepada pedagang besar lalu dijual kepada ekportir dan pola pemasaran II: petani menjual hasil komoditi kopranya langsung kepada pedagang besar kemudian kembali hasil komoditi kopra tersebut dijual kepada eksportir. Total margin untuk setiap lembaga pemasaran yaitu untuk saluran pemasaran I total margin pemasaran sebesar Rp.1.300 dan saluran pemasaran II sebesar Rp.800. Dengan demikian, bagian harga yang paling besar diterima oleh petani adalah pada saluran II. Nilai efisiensi pemasaran yang dicapai pada pola saluran I yaitu 0,54 persen, dan pola saluran II yaitu 0,49 persen. Hasil perhitungan efisiensi menunjukan bahwa saluran pemasaran II merupakan saluran yang lebih efisien dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I. Hal ini karena pola saluran pemasaran II dapat menekan biaya sehingga memperoleh keuntungan terbesar dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I.

Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran dan Kopra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104176
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item