MOH. RAZIL (2024) ANALISIS PEMASARAN MINYAK NILAM DI DESA TORONO KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN
Moh. Razil (E32115186) Analisis Pemasaran Minyak Nilam di Desa
Torono Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong (dibimbing oleh
Sulaeman dan Moh. Alfit A. Laihi)
Salah satu produk minyak atsiri terbesar dari Indonesia adalah minyak nilam. Dibandingkan dengan tanaman penghasil minyak atsiri lainnya, nilam
mempunyai keunggulan tersendiri sebagai unsur pengikat (fiksatif) yang terbaik
untuk parfum. Daya lekatnya kuat hingga aroma wangi tidak mudah hilang, dapat larut dalam alkohol dan dapat dicampur dengan minyak atsiri lain (Usmadi, 2006). Hal ini terbukti pada Kabupaten Parigi Moutong mempunyai luas areal dan
produksi nilam terbesar di Sulawesi Tengah. Produktivitas nilam di Kabupaten
Parigi Moutong lebih tinggi yakni 5,0 ton/ha. Kabupaten Parigi Moutong menyumbang 857 ton terhadap produksi nilam diantara beberapa Kabupaten lain
di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu peningkatan produksi nilam di Kabupaten Parigi Moutong harus terus dikembangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran minyak nilam di Desa Torono Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus – Oktober 2022 di Desa Torono Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Responden yang dijadikan
sampel terdiri dari petani nilam, pedagang pengumpul dan pedagang besar. Pengambilan sampel petani nilam dilakukan dengan menggunakan metode acak
sederhana (Simple Random Sampling Methode) sebanyak 33 petani dari total
populasi 130 responden yang berusahatani nilam. Data yang digunakan adalah
data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pemasaran yaitu saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran.
Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran minyak nilam di Desa Torono melalui dua saluran pemasaran yaitu:
1. Petani Pedagang pengumpul Pedagang besar Konsumen
(Industri)
2. Petani Pedagang besar Konsumen (Industri)
Hasil analisis margin pemasaran minyak nilam saluran 1 yaitu MT = Rp
35.000/Kg sedangkan saluran kedua yaitu MT = Rp 30.000/Kg. Bagian harga yang diterima petani minyak nilam pada saluran 1 yaitu sebesar 92,13 %,
sedangkan pada saluran kedua yaitu sebesar 93,25 %. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama sebesar 1,08 %, sedangkan nilai efisiensi untuk saluran II adalah sebesar 0,92 %, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien
yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 0,92 %.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104188 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |