ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES 3 TOLAI DI MASA COVID-19

LUH MITHA WIDIANTARI (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES 3 TOLAI DI MASA COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Luh Mitha Widiantari,(2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada Mata
Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Inpres 3 Tolai Di Masa Covid-19. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif
Firmansyah
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perbedaan kondisi dari pembelajaran
offline menjadi pembelajaran daring. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD
Inpres 3 Tolai di masa Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan
wawancara, angket, dan dokumentasi. Pembelajaran daring yang dilakukan di
kelas IV SD Inpres 3 Tolai menggunakan Platform WhatsApp dan Google
Classroom. Hasil dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring pada mata
pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres 3 Tolai termasuk kedalam kategori cukup
baik hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi keseluruhan data angket yang
menunjukkan 29% selalu, 14% sering, 23% kadang-kadang, 19% tidak pernah,
4% sangat tertarik, 3% tertarik, 0% tidak tertarik, 2% tidak mengerti, 2% tidak
kesulitan, 4% kesulitan, dan 0% sangat kesulitan. Hasil belajar siswa termasuk
dalam kategori baik karena mencapai nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah.
Dari 29 siswa sebanyak 27 siswa atau 93% menyatakan selalu mengerjakan tugas
yang diberikan guru.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran IPS , Covid-19

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104220
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item