Analisis Pembelajaran Inovatif Pada Mata Pelajaran PKn Pada Kelas V SDN 22 Sindue

CINANDYKA PRASASTI (2020) Analisis Pembelajaran Inovatif Pada Mata Pelajaran PKn Pada Kelas V SDN 22 Sindue. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cinandyka Prasasti, 2019. Analisis Pembelajaran Inovatif Pada Mata Pelajaran PKn Pada kelas V SDN 22 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Arif Firmansyah.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Analisis tentang pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PKn pada Kelas V SDN 22 Sindue. Penelitiaan memperoleh informasi sebagai berikut : pembelajaran inovatif merupakan model pembelajaran yang kreatif dan unik yang cenderung melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran inovatif diciptakan dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, kondisi lingkungan siswa, dan sarana-prasarana yang tersedia, sehingga lebih menantang dan mengairahkan siswa untuk belajar secara mandiri, serta mempermudah pencapaian tujuan belajar yang diinginkan. Jumlah dan ragam model pembelajaran inovatif sangat tidak terbatas tergantung dari kemampuan (kreativitas dan inovasi) guru dalam berkarya untuk menciptakan dengan melaksanakan pembelajaran PKn dengan berbagai inovasi dapat memberikan niai-nilai bangsa namun juga mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil angket disimpulkan bahwa pembelajaran inovatif khususnya pada mata pelajaran PKn di kelas V menunjukkan bahwa dari jumlah 22 siswa terdapat 20 atau 90,90% siswa mengatakan pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn sangat baik, sedangkan 15 atau 68,18% mengatakan pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PKn baik dan 1 atau 4,45% siswa mengatakan pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn cukup atau rendah atau sangat rendah.

Kata Kunci : Pembelajaran Inovatif, pembelajaran PKn, Konteksual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104223
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item