Analisis Penalaran Analogi Siswa Dalam Menjelaskan Konsep Fisika

MOH FAUZAN (2023) Analisis Penalaran Analogi Siswa Dalam Menjelaskan Konsep Fisika. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh. Fauzan, 2023. “Analisis Penalaran Aanlogi Siswa Dalam Menjelaskan Konsep Fisika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Muhammad Jarnawi, S.Pd.,M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai profil penalaran analogi siswa kelas XI SMA Negeri Ongka Malino yang memiliki kemampuan fisika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal penalaran analogi terkait materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang isiswa yang diambil dari 26 siswa kelas XI SMA N Ongka Malino tahun ajaran 2022/2023. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes tertulis, kemudian dilakukan wawancara untuk memperoleh data lebih mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek yang berkemampuan tinggi dapat menyelesaikan keempat tahapan indikator penelaran analogi dengan baik, yaitu encoding, inferring, mapping dan applying. Subjek berkemapuan sedang hanya dapat menyelesaikan tiga tahapan indikator penalaran analogi yaitu encoding, inferring dan mapping. Pada indikator keempat yaitu applying, subjek tidak mampu menyelesaikan masalah target dari proses pengaplikasian struktur penyelesaian maslah. Subjek berkemampuan rendah dalam menyelesaiakn soal penalaran dari keempat tahapan indikator penalaran subjek hanya dapat menyelesaikan dua indikator tahapan penalaran analogi yaitu encoding dan inferring. Pada indikator ketiga mapping subjek tidak dapat mengetahui kesamaan atau kemiripan masalah sumber dan masalah target sehingga subjek cenderung memberikan penjelasan yang salah dalam menyelesaikan soal. Pada indikator keempat yaitu applying subjek tidak mampu menyelesaikan masalah target dari proses pengaplikasian struktur penyelesaian masalah.
Kata Kunci : Penalaran Analogi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104281
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item