RISNA (2022) ANALISIS PENALARAN ANALOGI SISWA KELAS XI MAN 1 POSO DALAM MATERI BARISAN GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Risna, 2022. Analisis Penalaran Analogi Siswa kelas XI MAN 1 Poso dalam Materi Barisan Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sutji Rochaminah, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk memperoleh deskripsi penalaran analogi siswa kelas XI MAN 1 Poso dalam materi barisan geometri ditinjau dari gaya kognitif field independent. (2) Untuk memperoleh deskripsi penalaran analogi siswa kela XI MAN 1 Poso dalam materi barisan geometri ditinjau dari gaya kognitif field dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua orang siswa kelas XI MIPA MAN 1 Poso semester genap 2021/2022 yang terdiri dari masing-masing satu orang siswa RM yang bergaya kognitif FI dan satu orang siswa FN yang bergaya kognitif FD. Data tentang gaya kognitif siswa diperoleh dengan memberikan tes GEFT, sedangkan data tentang penalaran analogi siswa dikumpulkan dengan tes penalaran analogi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) RM siswa bergaya kognitif field independent mampu memenuhi indicator penalaran analogi yaitu pada tahap encoding (pengkodean), mapping (pemetaan), inferring (penyimpulan), dan applying (penerapan). (2) Sedangkan FN siswa bergaya kogntif field dependent mampu memenuhi indicator penalaran analogi yaitu pada tahap encoding (pengkodean), mapping (pemetaan), inferring (penyimpulan) namun cenderung kurang mampu pada tahap applying (penerapan) yaitu subjek belum mampu menerapkan struktur relasional masalah sumber dalam menyelesaikan masalah target serta cenderung belum mampu menjelaskan analogi yang digunakan.
Kata kunci: Analisis, Penalaran Analogi, Barisan Geometri, Gaya kognitif, FI, FD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104282 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |