ANALISIS PENDAPATAN DAN KELEMBAGAAN PEMASARAN TERNAK KAMBING PADA CV. PRIMA BREED KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU

HASRIANI (2021) ANALISIS PENDAPATAN DAN KELEMBAGAAN PEMASARAN TERNAK KAMBING PADA CV. PRIMA BREED KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN
Hasriani (E 321 16 258). Analisis Pendapatan dan Kelembagaan Pemasaran Ternak Kambing pada CV. Prima BREED Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. (di bimbing oleh Sisfahyuni dan Wildani Pingkan S. Hamzens, 2021)
Kambing merupakan hewan ternak yang sangat dibutuhkan masyarakat pada waktu-waktu tertentu seperti saat hari raya idul adha dan acara aqiqah. Seiring berkembangnya waktu, usaha peternakan merupakan salah satu bisnis yang berkembang cukup pesat dan masyarakat sudah banyak mengetahui dan mengerti mengenai manfaat yang dapat diperoleh dari usaha peternakan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan, margin pemasaran dan kelembagaan pemasaran ternak kambing CV. Prima BREED. Penelitian ini dilaksanaan di CV. Prima BREED di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikolore Kota Palu pada bulan Juli – Agustus 2020. Penentuan responden dilakukan secara teknik Snawball Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari data sekunder dan perimer. Anlisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Analisis Pendapatan Usaha peternakan kambing pada peternakan CV. Prima BREED diperoleh hasil pendapatan CV. Prima BREED pada tahun 2016 sebesar Rp. 372.358.962. Pendapatan CV. Prima BREED pada tahun 2017 sebesar Rp. 374.813.962. Pendapatan CV. Prima BREED pada tahun 2018 sebesar Rp. 331.2519.202. Margin saluran lembaga pemasaran CV. Prima BREED yang paling tertinggi terdapat pada saluran pemasaran II yaitu pedagang provinsi yakni sebesar Rp. 900.000/ekor sedangkan saluran lembaga pemasaran terendah adalah pasar hewan yakni sebesar Rp. 200.000/ekor.
CV. Prima BREED memiliki beberapa sistem aturan kelembagaan dalam melakukan pemasaran ternak yaitu dimulai dari Peternak dan CV. Prima BREED dimana proses pemasaran peternak dan CV. Prima BREED saling berktukar ternak dan proses pemabayaran dilakukan secara langsung. CV. Prima BREED dan Pedagang Luar Kota proses pemasarannya yaitu dengan adanya surat perjanjian antara kedua belah pihak yang berisi tentang fungsi pemasaran berupa jenis ternak, pengangkuatan dan pembiayaan. Transaksi dilakukan secara langsung oleh pihak CV. Prima BREED dan pedagang luar kota. CV. Prima dan Pasar Hewan yaitu dimana pedagang pasar hewan datang langsung ke perusahaan CV. Prima BREED untuk membeli ternak dan kemudian dipasarkan ke pasar hewan, proses pembayaran dilakukan secara tunai.

Kata Kunci : Kambing, Pendapatan, Margin Pemasaran, Kelembagaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104413
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item