Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran SBDP Pada Seni Tari Siswa Kelas V SDN 5 Sindue Tobata

RIRIN APRIYANA (2022) Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran SBDP Pada Seni Tari Siswa Kelas V SDN 5 Sindue Tobata. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Ririn Apriyana 2022. Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Sbdp Siswa Kelas V SDN 5 Sindue Tobata. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Nurahma S.Pd., M.Pd,.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran SBdP siswa kelas V SDN 5 Sindue Tobata. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan sampel 1 guru dan 25 siswa kelas V di SDN 5 Sindue Tobata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan pembelajaran SBdP dengan pendekatan saintifik di SDN V Sindue Tobata telah memenuhi standar pendekatan saintifik, karena: pendahuluan diawali dengan salam, absensi, apperepsi, penjelasan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), serta indikator. Kegitan inti menerapkan alur pembelajaran pendekatan saintifik yang meliputi 5 M, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan dan kegiatan penutup telah dilaksanakan dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa semua indikator terlaksana mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penutup dalam melaksanakan pembelajaran.
Kata kunci : Analisis; Pendekatan Saintifik; SBdP;

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104972
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item