ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN MADANI PALU

SETIAWAN NAWIR (2020) ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN MADANI PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiawan, 2019. “Analisis Penerapan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran IPS kelas V di SDN Madani Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rizal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu penerapan TIK dalam pembelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Va SDN Madani Palu yang berjumlah 22 siswa , 10 laki-laki dan 12 perempuan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan analisis data kuantitatif sebagai pendukungnya. Data kualitatif yaitu data yang sifatnya deskriptif, keterangan maupun informasi berupa angka. Dan data kuantitatif data yang berupa angka-angka dalam angket. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 22 responden siswa yang dapat dilihat dari persentase jawaban sangat setuju sebesar 44.39%, sedangkan 46.79% menjawab dengan setuju, 8.29% menjawab kurang setuju, dan 0.53% menjawab tidak setuju. Jadi berdasarkan data tersebut dapat disimpulakan dari beberapa alternative indicator yang tersedia. Siswa lebih banyak memilih jawaban setuju dan paling sedikit menjawab tidak setuju. Hal ini berarti bahwa penggunaan TIK dalam pembelajaran sudah sesuai dengan apa yg diharapkan.

Kata Kunci : Penerapan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajan IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/104992
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item