ANALISIS PENYELESAIAN SISWA PADA SOAL PERSAMAAN TRIGONOMETRI DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 MODEL PALU

ASWAN (2021) ANALISIS PENYELESAIAN SISWA PADA SOAL PERSAMAAN TRIGONOMETRI DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 MODEL PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Aswan, 2020. “Analisis Penyelesaian Siswa Pada Soal Persamaan Trigonometri di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Gandung Sugita.

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi pada soal persamaan trigonometri fungsi sinus di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (2) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi pada soal persamaan trigonometri fungsi cosinus di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (3) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi pada soal persamaan trigonometri fungsi tangen di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (4) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah pada soal persamaan trigonometri fungsi sinus di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (5) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah pada soal persamaan trigonometri fungsi cosinus di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (6) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah pada soal persamaan trigonometri fungsi tangen di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa yang diambil dari 30 siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Model Palu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi cosinus: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi persamaan trigonometri bentuk cos x = a, (2) mengubah persamaan trigonometri bentuk cos x = a menjadi persamaan trigonometri bentuk cos x = cos ?, (3) mensubstitusi ? ke rumus x= ?+k.360 atau x=- ?+k.360, (4) memilih nilai k untuk disubtitusi ke rumus, (5) menentukan himpunan penyelesaian. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi tangen: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi bentuk persamaan trigonometri tan x = a, (2) mengubah persamaan trigonometri bentuk tan x = a menjadi persamaan trigonometri tan x = tan ?, (3) mensubstitusi ? ke rumus x= ?+k.360, (4) memilih nilai k untuk disubtitusi ke rumus, (5) menentukan himpunan penyelesaian. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi sinus: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi persamaan trigonometri sin x = a, (2) mengubah persamaan trigonometri bentuk sin x = a menjadi persamaan trigonometri sin x = sin ?, (3) mensubstitusi ? ke rumus x= ?+k.360 atau x=(180-?)+k.360, (4) memilih nilai k untuk disubtitusi ke rumus, (5) menentukan himpunan penyelesaian. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi cosinus: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi persamaan trigonometri cos x = a, (2) mengambil nilai sudut pada persamaan cos x = a untuk memperoleh nilai x, dan (3) menentukan nilai x. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi tangen: (1) mengambil nilai sudut pada persamaan tan x = a untuk memperoleh nilai x, dan (2) menentukan nilai x. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi sinus: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi persamaan trigonometri sin x = a, (2) mengambil nilai sudut pada persamaan sin x = a untuk memperoleh nilai x, dan (3) menentukan nilai x.

Kata kunci : analisis, penyelesaian, persamaan, trigonometri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/105372
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item