ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN 25 PALU

ARMIATI SAFITRI (2022) ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN 25 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak
Armiati safitri, (2022). Analisis peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS di kelas V SDN 25 Palu, Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr Zulnuraini S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam
memotivasi belajar siswa di kelas V SDN 25 Palu. Metode dalam penelitian ini
yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas
V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan
tugasnya sebagai motivator dalam kelas guru memotivasi siswa dalam kelas
dengan cara yaitu :1). Menyampaikan tujuan pembelajaran, 2) menciptakan minat
siswa, 3) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, 4) menggunakan
metode belajar yang bervariasi 5) memberikan pujian atas keberhasilan siswa, 6)
memberikan penilaian, 7) menciptakan persaingan dan kerja sama. Berdasarkan
penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai motivasi dalam kelas
sangat penting.
Kata Kunci : Motivasi, Peran Guru, IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/105400
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item