Analisis Peranan Komite Sekolah Di SDN Inpres 3 Tondo

FITRYANA PUSPITASARI (2020) Analisis Peranan Komite Sekolah Di SDN Inpres 3 Tondo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitryana Puspitasari, 2019. Analisis Peranan Komite Sekolah di SDN Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mahfud M. Gamar.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu bagaimana peranan yang dilakukan oleh Komite Sekolah di SDN Inpres 3 Tondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan komite sekolah di SDN Inpres 3 Tondo. Untuk menjelaskan masalah tersebut Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer penelitian ini adalah pengurus komite, kepala sekolah/wakil kepala sekolah, guru dan masyarakat sekolah. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. a) komite sekolah sebagai badan pertimbangan berperan dalam membentuk program sekolah dan menyusun visi, misi, dan tujuan sekolah. b) komite sekolah sebagai badan pendukung berperan menciptakan hubungan kerjasama antara sekolah, orang tua dan masyarakat, serta menyediakan sarana dan prasarana. c) komite sekolah sebagai badan pengontrol berperan mengontrol kinerja guru, memantau organisasi di sekolah dan pemantauan terhadap output di sekolah. d) komite sekolah sebagai badan penghubung berperan dalam mensosialisasikan program dan kebijakan sekolah pada masyarakat, menciptakan hubungan kerjasama antara orang tua dan sekolah.

Kata Kunci : Komite Sekolah, Analisis Peranan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/105430
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item