Analisis Peranan Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 2 Tambarana

WIDYA J. LAHELE (2024) Analisis Peranan Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 2 Tambarana. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Widya J. Lahele, 2024. Analisis Peranan Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 2 Tambarana. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Yusdin Bin Mahmud Gagaramusu, Lc.,
M.Ed

Telah dilakukan penelitian mengenai analisis peranan manajemen kelas
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN 2 Tambarana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen
kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN 2
Tambarana dengan menggunakan lima indikator manajemen kelas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas III.
Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar
wawancara dan lembar angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu
berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa peranan manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas III SDN 2 Tambarana ditemukan bahwa peranan manajemen
kelas telah dilaksanakan dengan baik namun masih perlu ditingkatkan.
Hal ini dapat dilihat dari lima indikator peranan manajemen kelas yaitu
pada indikator (1) mengatur atau menata lingkungan fisik kelas, indikator
(2) menegakkan disiplin dalam pengelolaan pembelajaran, indikator (3)
menegakkan tingkah laku siswa, indikator (4) menjalin komunikasi
dengan siswa, indikator (5) menumbuhkan organisasi kelas yang efektif.
Namun pada indikator ke dua dan ketiga guru belum secara optimal
menegakkan disiplin dalam pengelolaan pembelajaran dan menegakkan
tingkah laku siswa.

Kata Kunci : Manajemen Kelas, prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/105431
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item