MOH. HOLILIL PRASATIO (2022) ANALISIS PERILAKU BIROKRASI PEMERINTAH DALAM PELAYANAN MASYARAKAT DIKANTOR KELURAHAN NUNU KECAMATAN TATANGA KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Analisis Perilaku Birokrasi 
Pemerintah Dalam Pelayanan Masyrakat Di Kantor Kelurahan Nunu Kecamatan 
Tatanga Kota Palu. Penelitian ini menggunakan dasar penelitian kualitatif dengan 
tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Siagian P.Sondang 
(1994:98), dimana terdapat enam indikator dalam melihat dan mengukur bagaimana 
Perilaku Birokrasi Pemerintah Di Kantor Kelurahan Nunu Kecamatan Tatanga Kota 
Palu. Dimana keenam indikator tersebut ialah Kesopanan, Keadilan, Kepedulian, 
Kedisplinan, Kepekaan Dan Tanggung Jawab. Sumber data pada penelitian ini 
meliputi data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data meliputi 
Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan 
purposive. Instrumen penelitian meliputi Peneliti, panduan wawancara atau daftar 
pertanyaan. 
hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku birokrasi pemerintah dalam 
pelayanan masyarakat di kantor kelurahan Nunu masih belum baik. Hal tersebut 
dapat dilihat dari 6 indikator yang ada, terdapat 4 indikator yang mempunyai 
kekurangan. yaitu aspek keadilan, kedisplinan, kepekaan dan tanggung jawab. Dari 
aspek keadilan, perbedaan sikap antusias aparat kelurahan nunu terhadap warga yang 
dikenalnya. Serta mereka yang memiliki hubungan keluarga dengan aparat 
dikelurahan nunu biasanya lebih dulu diberikan pelayanan daripada yang tidak kenal 
dengan mereka. Aspek kedisplinan terhadap peraturan organisasi yang ada terdapat 
masih adanya aparat yang terlambat ke kantor dan adanya aparat yang pulang 
sebelum waktunya. Dan juga aspek kepekaan masih adanya aparat yang kurang peka 
terhadap permasalahan yang ada serta lambatnya solusi yang diberikan. Sedangkan 
untuk perilaku tanggung jawab, masih ada ketidak konsistenan aparat terhadap tugas 
yang dijalankan karena masih sering kesalahan dalam pengetikan surat administrasi 
sehingga hal ini membuang waktu masyarakat untuk kembali ke kantor. Selain itu 
masih ada aparat yang tidak ditempat pada saat masyarakat ingin melakukan urusan 
administrasi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/105535 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

