ANALISIS PERUBAHAN KONSEPTUAL TENTANG PECAHAN KELAS VII SMP LABSCHOOL UNTAD

DARMIASURI BINTI MOHD DARWIS (2020) ANALISIS PERUBAHAN KONSEPTUAL TENTANG PECAHAN KELAS VII SMP LABSCHOOL UNTAD. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi perubahan konseptual bagi siswa kelas VII SMP LabSchool UNTAD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mendeskripsikan tentang perubahan konsep yang terjadi pada siswa sebelum pembelajaran operasi pecahan di SMP, dan sesudah pembelajaran operasi pecahan di SMP kelas VII. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes tertulis dan pedoman wawancara tak terstrukur yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran operasi pecahan. Jawaban dari tes dan hasil wawancara kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi perubahan konseptual baik pada subjek berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Perubahan ini terjadi pada soal penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan baik yang berpenyebut sama, berbeda dan pecahan campuran. Proses perubahan konseptual terjadi pada soal penjumlahan pecahan yang penyebutnya berbeda, perkalian pecahan campuran, perkalian bilangan bulat dan pecahan, pembagian pecahan yang berpenyebut sama, pembagian bilangan bulat dan pecahan dan pembagian pecahan campuran pada ketiga subjek. Perubahan konseptual paling banyak terjadi pada subjek berkemampuan matematika tinggi dan rendah dalam menyelesaikan soal operasi pecahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/105701
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item