NURAENI (2022) ANALISIS RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP OPERASI HITUNG PECAHAN BERDASARKAN TEORY POLYA KELAS V SD INPRES 2 PARANGGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nuraeni, 2022. Analsisi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran
Matematika Terhadap Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Teori Polya Kelas V
SD Inpres 2 Paranggi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Akina.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya hasil belajar
berdasarkan teori Polya di SD Inpres 2 Paranggi dalam menyelesaikan soal cerita
penjumlahan pecahan campuran dan penjumlahan pecahan biasa. Penelitian ini
merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif yang didasarkan pada langkah
pemecahan masalah yang ditemukan oleh Polya. Hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa rendahnya hasil belajar berdasarkan teori Polya yaitu (1)
Memahami Masalah, siswa tidak menuliskan yang diketahui dan ditanya pada
soal. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh sebagaian siswa mengatakan tidak
terbiasa mengerjakan soal cerita menggunakan langkah-langkah Polya dan
sebagaian juga siswa lupa menuliskan yang diketahui dan ditanya pada soal. (2)
Merencanakan Penyelesaian, siswa masih salah dalam merubah pecahan
campuran kebntuk pecahan biasa. Berdasarkan wawancara yang diperoleh bahwa
sebagaian siswa kurang paham dan lupa cara mengubah pecahan campuran
kebentuk pecahan biasa. (3) Menyelesaikan Perencanaan, siswa masih melakukan
kesalahan dalam melakukan perhitungan dan tidak dapat menyelesaikan langkah
penyelesaian dengan lengkap. Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh
bahwa sebagaian siswa tidak paham menyelesaian soal cerita penjumalahan
pecahan dan masih keliru dalam menyamakan penyebut siswa beranggapan bahwa
untuk menyamakan penyebut yang berbeda dengan cara menjumlahkan
penyebutnya. (4) Memeriksa Kembali, siswa tidak menuliskan kembali hasil
penyelesaian yang diperoleh. Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh
sebagaian siswa mengatakan sudah terbiasa tidak menuliskan kesimpulan akhir
pada jawaban dan sebagaian siswa lupa untuk menuliskan kesimpulan akhir pada
jawaban.
Kata Kunci : Analsiis rendahnya hasil belajar, Penjumlahan pecahan, la
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/106074 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |