ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) UPC KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG MENGGUNAKAN METODE SINGLE CHANNEL - SINGLE PHASE

NUR CAHYANI (2024) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) UPC KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG MENGGUNAKAN METODE SINGLE CHANNEL - SINGLE PHASE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem antrian adalah suatu aturan yang mengatur kedatangan para pelanggan dan pelayanannya. Pegadaian adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan investasi emas dan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang jasa pemberian kredit, salah satunya adalah PT Pegadaian (Persero) UPC Kasimbar di Kabupaten Parigi Moutong yang sering mengalami antrian panjang. Untuk itu diperlukan metode statistik untuk mengatasi masalah antrian pada pegadaian melalui analisis sistem pelayanan gadai menggunakan konsep teori antrian. Metode yang digunakan adalah Single Channel Single Phase untuk menganalisis sistem antrian pada PT Pegadaian (Persero) UPC Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong pada tanggal 11 sampai 16 September 2023. Hasil keseluruhan kinerja analisis sistem pada server sibuk (?) mencapai hingga 92,6%, menandakan penggunaan layanan yang tinggi. Selain itu rata-rata jumlah nasabah dalam system (L_s) adalah 13 nasabah dan 14 nasabah dalam antrian (L_q) per menit menunjukkan padatnya layanan. Hal ini mengindikasikan kinerja sistem antrian layanan nasabah di PT Pegadaian (Persero) UPC Kasimbar Kabupaten Parigi masih belum optimal.

Kata kunci : Pegadaian, Sistem Antrian, Single Channel Single Phase, Kinerja sistem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA > Statistika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/106276
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item