Analisis Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Negeri Model Terpadu Madani Palu

FEBRIANA TOPILA (2024) Analisis Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Negeri Model Terpadu Madani Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriana Topila, 2024. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Negeri Model Terpadu Madani Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Yusdin Bin Mahmudin Gagaramusu, Lc., M.Ed
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Model Terpadu Madani Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian Kepala Sekolah dan Guru kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Model Terpadu Madani Palu muncul ada enam indikator yaitu: merencanakan program supervisi akademik, membantu memecahkan masalah guru, melakukan penilaian terhadap kinerja guru, pelaksanaan supervisi terhadap administrasi guru, evaluasi supervisi, dan tindak lanjut supervisi. Dari keenam indikator tersebut kepala sekolah sudah melaksanakan program supervisi tersebut Bersama guru-guru. Faktor penghambat tercapainya peningkatan kinerja guru adalah ada beberapa guru yang belum paham dengan penggunaan media pembelajaran yang berbasis IT tetapi kepala sekolah selalu mencari cara agar guru tersebut bisa paham dengan cara kepala sekolah mendatangkan narasumber terpercaya melalui kegiatan Workshop. Dapat disimpulkan bahwa strategi kepala sekolah telah memenuhi indikator-indikator dalam meningkatkan kinerja guru. Dalam hal ini kepala sekolah dapat dikatakan baik dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin.
Kata kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/106380
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item