MUTMAINNA (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KONTEN PADA INSTAGRAM SULTAN KELAPA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Mutmainna, B 501 17 088, Jurusan Ilmu Komunikasi. Skripsi Analisis
Strategi Pemasaran Konten pada Instagram Sultan Kelapa. Dibawah
bimbingan oleh Fadhliah sebagai konsultan I dan Ahmad Fauzan sebagai
konsultan II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran
konten yang dilakukan oleh Sultan kelapa pada instagram. Hal ini bertujuan agar
bisa mengetahui secara rinci terkait Analisis Pemasaran Konten pada instagram
Sultan Kelapa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dasar
penelitian ini menggunakan study kasus. Objek penelitian ini adalah instagram
dari sultan kelapa. Sedangkan penentuan subjek penelitian diperoleh melalui
beberapa individu yang berkualitas dan karakter yang sudah ditentukan
sebelumnya yaitu berjumlah dua orang. serta teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Adapunteknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data,tahap display
data, tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sultan Kelapa menggunakan
enam indikator langkah-langkah strategi pemasaran konten pada instagram Sultan
Kelapa yaitu menetapkan tujuan, menentukan ide dan perencanaan konten,
distribusi konten, konten amplifikasi, evaluasi pemasaran konten dan terakhir
peninkatan pemasaran konten. Sebagai usaha baru Sultan Kelapa perlu untuk
memasarkan produknya serta meningkatkan jumlah pengikut dimedia sosial
instagram. Penentuan ide dan merencanakan konten yang menarik akan
mendukung meningkatnya konsumen yang berasal dari instagram, selebgram
@Soal Palu dan @Lucky Tembang sebagai Endorse dengan followers
diinstagram yang memiliki banyak pengikut baik anak muda di Kota Palu dan
luar Kota Palu. Pada unggahan Sultan Kelapa sering memikirkan waktu yang
tepat jam pagi hari serta siang hari karena diwaktu itu banyak yang aktif untuk
menggunakan media sosial di instagram. Dalam hal ini menggunakan selebgram
mempermudah orang untuk melihat unggahan produk yang dipasarkan. Kenaikan
jumlah followers maupun pemasaran mengalami peningkatan, disamping
meningkatnya pemasaran Sultan Kelapa menambahkan tingkat pemasarannya
dengan melakukan interkasi terhadap followers dari hanya menggunakan @Soal
Palu dan @Lucky Tembang sebagai selebgram kemudian membuat konten terkait
promo, give away, tanya jawab serta Q and A sebagai salah satu strategi untuk
menarik minat konsumen. Dapat disimpulkan analisis Strategi pemasaran konten
pada instagram yang dilakukan oleh Sultan Kelapa berjalan secara baik karena
memanfaatkan media sosial instagram sesuai dengan sumber daya manusia
(followers) yang meningkatkan namun juga dalam pembuatan konten yang akan
dipasarkan mereka kekurangan sumberdaya secara kuantitas dibidangnya serta
belum memfokus pemasarannya konten pada instagram @sultan Kelapa Id.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Konten, Instagram.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/106393 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |