Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi

BRIGITA NATASYA BERTUS (2023) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
BRIGITA NATASYA BERTUS, Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi (di bawah bimbingan Vidyanto)

Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako

Penilaian pasien terhadap Puskesmas tergantung dari apa yang diberikan puskesmas sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan. Salah satu puskesmas di Kabupaten Sigi yang jumlah kunjungan pasiennya mengalami penurunan dari tahun 2019 sampai 2021 adalah Puskesmas Biromaru. Pada tahun 2019 sebanyak 15.002 kunjungan (31,4%), tahun 2020 sebanyak 12.286 kunjungan (25,8%), dan tahun 2021 sebanyak 9.160 kunjungan (19,2%). Metode Importance Performance Analysis (IPA) merupakan salah satu metode survei
yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja kepuasan yang dianggap penting oleh pelanggan (harapan) dan kinerja kepuasan yang diterima oleh pelanggan (kenyataan). Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan dari pasien terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi. Jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif.
Besar sampel menggunakan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Total sampel sebanyak 99 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 atribut di dalam kuadran I yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan kualitas pelayanan
di Puskesmas. Adapun saran dalam penelitian ini adalah diharapkan pihak puskesmas dapat memprioritaskan dan segera memberikan solusi terhadap atribut yang masih menjadi masalah di Puskesmas Biromaru yaitu menjaga dan merawat gedung puskesmas agar tetap bersih, menyediakan ruang tunggu yang nyaman dan luas, mengefisiensikan waktu pemeriksaan agar pasien tidak terlalu lama menunggu, melengkapi dan meningkatkan fasilitas-fasilitas kesehatan dan memberikan pelatihan kepada petugas kesehatan agar dapat memberikan
informasi yang relevan dan jelas kepada pasien.

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Metode IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/106554
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item