MOH.RAMADHAN.H.DJ.ALADJIA (2021) ASPEK HUKUM TENTANG PERLINDUNGAN BAGI KONSUMEN ATAS GANTI KERUGIAN BERDASARKAN WANPRESTASI DAN PERBUATAN MELAWAN HUKUM. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Moh. Ramadhan.H.DJ.ALADJIA (D 101 17 362) Judul: Aspek Hukum
Tentang Perlindungan Bagi Konsumen Atas Ganti Kerugian Berdasarkan
Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum. Pembimbing: Ilham Nurman,
S.H,.M.H
Perlindungan hukum terhadap kepentingan konsumen merupakan sesuatu yang
bersifat fundamental. Banyak hal yang dapat merugikan konsumen, antara lain
masalah yang menyangkut mutu barang, harga barang, persainagan curang
pemalsuan, penipuan, periklanan yang menyesatkan dan sebagainya.
Permasalahan yang hendak diuraikan dalam skripsi ini adalah: Bagaimana
perlindungan hukum bagi konsumen atas ganti kerugian berdasar pada
wanprestasi dan bagaimana perlindungan hukum konsumen atas ganti kerugian
berdasarkan pada perbuatan malam hukum. Adapun tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan tentang konsep ganti
rugi berdasarkan wanprestasi itu sendiri dan memberikan pemahaman serta
pengetahuan tentang konsep ganti rugi berdasarkan perbuatan melawan hukum
itu sendiri. Untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini dilakukan melalui
penelitian Normatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersumber
dari data primer dan data sekunder. Dari permasalah diatas penulis
mendapatkan jawaban atas permasalahan tersebut, yaitu wanpretasi yang
dilakukan oleh pelaku saha,maka ketentuan Pasal 19 UUPK memgatur tentang
tanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerugian konsumen dan dalam hal
ini konsumen dapat membuat ganti rugi perdata berdasarkan perbuatan
melanggar hukum(Pasal 1365 KUHPerdata) dimana pelaku usaha harus
bertanggungjawab atas kerugian yang timbul dari produknya. Dari Penulisan
skripsi ini dapat disimpulkan bahwa produsen diwajibkan bertanggungg jawab
bila terdapat kerugian akibat adanya cacat pada barang yang dibeli dan
konsumen dapat mengajukan tuntutan berdasarkan adanya kewajiban bagi pelaku
usahauntuk menjamin kualitas produk berdasarkan wanprestasi.
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Ganti Kerugian, Wanprestasi,Perbuatan melawan hukum
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/107125 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |