ROLANZA (2025) Commognitive Siswa Kelas XI SMAN 5 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Rolanza, 2024. “Commognitive Siswa Kelas XI SMA 5 Palu dalam Menyelesaikan
Soal Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajarâ€. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Rita Lefrida, S.Pd., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui commognitive siswa dalam
menyelesaikan soal program linear ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Palu. Subjek penelitian sebanyak tiga
orang siswa yang terdiri dari satu siswa dengan gaya belajar visual, satu siswa
dengan gaya belajar auditorial, dan satu siswa dengan gaya belajar kinestetik.
Ketiga subjek tersebut berjenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data
adalah dengan pemberian lembar kuesioner angket gaya belajar. Selanjutnya
lembar tugas yaitu soal program linear (SBMPTN 2014 Kode 663) yang divalidasi
bahasa sehingga sesuai kebutuhan siswa di kota Palu. Selain itu juga dilakukan
wawancara bersamaan pada saat subjek menyelesaikan tugas program linear.
Berdasarkan hasil penelitian, siswa dengan gaya belajar visual menjawab soal
dengan rinci, berulang, efisien, dan tepat, serta subjek memunculkan keempat
indikator commognitive. Hasil yang utama terlihat pada proses memvisualisasikan
masalah dalam menyelesaikan soal dilakukan subjek dengan jelas. Siswa dengan
gaya belajar auditorial dapat menjawab soal dengan baik dan jelas, serta subjek
memunculkan keempat indikator commognitive, namun terdapat kesulitan dalam
menyelesaikan rutinitas. Yaitu memvisualisasikan soal pada bentuk naratif yang
merupakan langkah penting dalam menyelesaikan soal. Siswa dengan gaya belajar
kinestetik mampu menjawab soal dengan baik dan jelas, serta subjek memunculkan
keempat indikator commognitive, terlihat juga kebiasaan subjek yang selalu
menggunakan penunjuk jari saat menjelaskan penyelesaian soal. Namun
keterbatasan terlihat dalam kemampuan naratif, subjek lebih mengandalkan
pengalaman fisik daripada penjelasan logis yang mendalam dalam menyelesaikan
soal.
Kata Kunci: Commognitive, Keywords, Visual Mediator, Narratives, Routines,
Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/107485 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |