AFIDATUL KARIMA (2022) DAMPAK KOMUNIKASI GURU DENGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAJUAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Afidatul Karima, 2021. Dampak Komunikasi Guru dengan Orang Tua Terhadap
Kemajuan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Palu.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial, Fakultas keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing
H. Juraid.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk
komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua siswa terhadap kemajuan belajar?
2) Apa dampak komunikasi guru dengan orang tua siswa terhadap kemajuan belajar?
3) Faktor apa saja yang menjadi penunjang dan penghambat bagi guru dalam
berkomunikasi dengan orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan
bentuk komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua siswa terhadap kemajuan
belajar. 2) Menjelaskan dampak komunikasi antara guru dan orang tua siswa
terhadap kemajuan belajar. 3) Menjelaskan faktor apa saja yang menjadi penunjang
dan penghambat bagi guru dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Dalam penentuan
informan peneliti menggunakan purposive samplingdengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara ditunjukan kepada guru
sejarah, dan juga orang tua siswa. Teknik pengolahan data dan teknik analisis data
dilakukan dengan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa 1) Bentuk komunikasi yang digunakan dalam
berkomunikasi dengan orang tua yaitu komunikasi verbal dan non verbal. 2) Dampak
komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua sangat positif, komunikasi ini
sangat berpengaruh baik terhadap kemajuan belajar siswa. 3) Faktor penunjang
dalam berkomunikasi dengan orang tua yaitu adanya komunikator, komunikan,
laporan berkala (buku agenda), rapat dan pertemuan. Kendalanya adalah kurangnya
peran aktif orang tua dan kurangnya kelengkapan sarana pendidikan yang berkaitan
dengan kondisi guru dan siswa.
Kata Kunci: Dampak, Komunikasi, guru, orang tua, dan belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/107591 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |