DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 7 PALU

HUMAIRAH AB PASORI (2024) DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 7 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 7 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMPN 7 Palu. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 40 orang siswa kelas VIII, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi nilai hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Palu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (uji t) dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel penerapan kurikulum merdeka dan variabel hasil belajar diperoleh nilai sig. 0,004 < 0,05, artinya penerapan kurikulum merdeka berdampak signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 7 Palu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kurikulum merdeka di SMPN 7 Palu masih memberikan dampak kecil terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 7 Palu. Hal ini dibuktikan dari nilai hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA di SMPN 7 Palu belum mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/107659
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item