Dampak Perubahan Kurikulum Terhadap Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Dampal Selatan

IRWAN RIZAL NUR (2021) Dampak Perubahan Kurikulum Terhadap Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irwan Rizal Nur. 2021. Dampak Perubahan Kurikulum Terhadap Proses
Pembelajaran di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Skripsi Program Studi
Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako.
Pembimbing Dr. Drs. Suyuti M Pd
Permasalah dalam Artikel hasil ini adalah: (1.) Bagaimana perencanaan
guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan sebelum melaksanakan pembelajaran.
(2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Dampal
Selatan. (3) Bagaimana penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru
guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Tujuan Artikel Hasil Penelitian ini
untuk: (1) Menjelaskan perencanaan guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan
sebelum melaksanakan pembelajaran. (2) Menjelaskan proses pelaksanaan
pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan, (3) Menjelaskan penilaian
hasil pembelajaran yang dilakukan oleh Guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal
Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data
dilkukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Dampal Selatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) telah memuat adanya pendekatan saintifik yang merupakan penekanan
dalam kurikulum 2013. RPP yang disusun Guru IPS telah memenuhi kriteria baik.
Namun masih ada aspek yang belum sesuai dengan standar proses kurikulum
2013, yaitu aspek materi pembelajaran, dimana Guru belum membagi materi yang
termasuk fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (2) Pelaksanaan pembelajaran di
SMP Negeri 1 Dampal Selatan telah memenuhi ketentuan pendekatan saintifik
melalui kegiatan praktikum menggunakan metode diskusi dan pembelajaran di
luar kelas Guru memfasilitasi kegiatan mulai dari menanya, mengamati,
mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penerapan berbagai
pendekatan atau metode pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan mampu
mengembangkan karakter siswa. (3) Penilaian hasil pembelajaran oleh Guru IPS
sudah menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang
menilai meliputi ranah sikap, keterampilan dan pengetahu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/107696
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item