IRWAN RIZAL NUR (2021) Dampak Perubahan Kurikulum Terhadap Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Irwan Rizal Nur. 2021. Dampak Perubahan Kurikulum Terhadap Proses 
Pembelajaran di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Skripsi Program Studi 
Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako.
Pembimbing Dr. Drs. Suyuti M Pd
Permasalah dalam Artikel hasil ini adalah: (1.) Bagaimana perencanaan 
guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan sebelum melaksanakan pembelajaran. 
(2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Dampal 
Selatan. (3) Bagaimana penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru 
guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Tujuan Artikel Hasil Penelitian ini
untuk: (1) Menjelaskan perencanaan guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan 
sebelum melaksanakan pembelajaran. (2) Menjelaskan proses pelaksanaan 
pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan, (3) Menjelaskan penilaian 
hasil pembelajaran yang dilakukan oleh Guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal 
Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data 
dilkukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data 
menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan 
penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Dampal Selatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
(RPP) telah memuat adanya pendekatan saintifik yang merupakan penekanan 
dalam kurikulum 2013. RPP yang disusun Guru IPS telah memenuhi kriteria baik.
Namun masih ada aspek yang belum sesuai dengan standar proses kurikulum 
2013, yaitu aspek materi pembelajaran, dimana Guru belum membagi materi yang 
termasuk fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (2) Pelaksanaan pembelajaran di 
SMP Negeri 1 Dampal Selatan telah memenuhi ketentuan pendekatan saintifik 
melalui kegiatan praktikum menggunakan metode diskusi dan pembelajaran di 
luar kelas Guru memfasilitasi kegiatan mulai dari menanya, mengamati, 
mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penerapan berbagai 
pendekatan atau metode pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan mampu 
mengembangkan karakter siswa. (3) Penilaian hasil pembelajaran oleh Guru IPS 
sudah menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang 
menilai meliputi ranah sikap, keterampilan dan pengetahu
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah  | 
        
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/107696 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

