Digitalisasi Pembelajaran Budaya Sulawesi Tengah Melalui Augmented Reality Menggunakan Metode Marker-Based Tracking

MUHAMMAD TAUFIK SALEH (2024) Digitalisasi Pembelajaran Budaya Sulawesi Tengah Melalui Augmented Reality Menggunakan Metode Marker-Based Tracking. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sulawesi Tengah memiliki warisan budaya yang beragam, namun perkembangan teknologi menimbulkan tantangan baru dalam mempertahankan minat generasi muda terhadap budaya lokal. penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran budaya berbasis Augmented Reality (AR) dengan metode Marker Based Tracking untuk siswa di SDN Inpres 2 Tanamodindi untuk menghadapi tantangan tersebut. Aplikasi "Mari Berbudaya" dirancang untuk meningkatkan minat siswa terhadap budaya lokal dengan menyediakan pengalaman belajar yang interaktif dan inovatif melalui teknologi AR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode prototyping. Hasil pengujian black box menegaskan bahwa semua fungsi utama aplikasi berfungsi dengan baik, sementara distance testing menunjukkan bahwa marker dapat terdeteksi optimal hingga jarak 1 meter. Evaluasi kuesioner pada siswa menghasilkan skor keseluruhan 89?ngan klasifikasi sangat layak. Sehingga dari keseluruhan evaluasi aplikasi "Mari Berbudaya" ternyata efektif meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap kebudayaan Sulawesi Tengah, melalui teknologi AR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108093
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item